Abstract



ABSTRAK
Yandra Prayoga, Program Sarjana, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, 2013. Implementasi Manajemen Publik Aparatur Pemerintah: Study Di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya Prov. Kalimantan Tengah
Penelitian dalam skripsi ini mengangkat tentang implementasi manajemen publik aparatur pemerintah. Manajemen publik aparatur pemerintah merupakan sebuah paradigma baru yang merupakan perkembangan dari ilmu administrasi negara yang mengalami transformasi baik dari teori maupun fungsinya. Perkembangan administrasi publik merupakan hal mendasar, karena harus sesuai dengan arah perkembangan lingkungan global yang semakin kompetitif dalam seluruh aspek, termasuk dalam tata kelola kepemerintahan. Peran administrasi publik harus sesuai dengan tuntutan zaman, tuntutan masyarakat, tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi apabila organisasi ingin terus eksis dan survive. Kepemerintahan yang baik sebagai tujuan dan sasaran reformasi birokrasi adalah sistem yang memungkinkan terjadinya mekanisme penyelenggaraan pemerintahan Negara yang efektif, efisien dengan menjaga sinergi konstruksi antara pemerintah, swasta dan masyarakat.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya dengan metode kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi manajemen publik di Kantor Kecamatan Jekan Raya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan kinerja aparatur pemerintah di lingkungan kantor Kecamatan Jekan Raya. Narasumber dalam penelitian adalah pegawai yaitu aparatur pemerintah di kantor kecamatan dan warga Jekan Raya yang pernah atau sedang berurusan di kantor Kecamatan Jekan Raya.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi manajemen publik di kantor Kecamatan Jeka Raya sudah mulai diterapkan akan tetapi hasil atau capaiannya tidak optimal. Hal tersebut disebabkan banyak faktor antara lain: sarana dan prasaranan yang minim, kualitas SDM yang belum memadai dan mentalitas aparatur pemerintah. Permasalahan tersebut tergambarkan melalui penelitian impelementasi manajemen publik aparatur pemerintah dengan menggunakan indikator kualitas pelayanan publik di antaranya: Transparansi di kantor Kecamatan Jekan Raya belum terlaksana dengan baik karena masih ada beberapa hal yang tidak dapat diberitahukan kepada publik. Akuntabilitas pelayanan sudah diupayakan sebaik mungkin, namun masih terkendala dengan fasilitas kantor dan disiplin pegawai yang masih rendah. Kondisional berjalan dengan baik dimana aparatur dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik meskipun pengetahuan masyarakat sangat rendah dan terkadang diluar jam kerja kantor. Partisipatif sudah berjalan dengan baik hal itu dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan musrenbang. Kesamaan hak berjalan dengan baik karena tidak ditemukan kasus diskriminasi pelayanan selama penelitian. Keseimbangan hak dan kewajiban di Kecamatan Jekan Raya berjalan dengan baik terlihat dari proses pelayanan yang prosedural.
Manajemen publik merupakan paradigma baru dari administrasi publik. Manajemen publik mengutamakan penyelesaian capaian tugas dan pertanggungjawaban sebagai sistem yang tujuannya untuk efisiensi dan efektifitas bagi pemerintah.

Kata kunci: manajemen publik, transformasi, reformasi birokrasi
i
 
ABSTRACT
Yandra Prayoga, Bachelor Degree, Department Of Public Administrtion, Social And Political Science Faculty, University Of Palangka Raya, Palangka Raya 2013. Implementation Of Government Public Management Apparatus: Study In District Jekan Raya Office Palangkaraya in Central Kalimantan Province.
The research in this thesis raised about the implementation of public management of the government apparatus. The public management of the government apparatus is a new paradigm which is the development of the science of public administration which transformed both the theory and function. The development of public administration is essential, because it must be in accordance with the direction of the development of an increasingly competitive global environment in all aspects, including in governance. The role of public administration must be in accordance with the demands of the era, people's demands, the demands of science and technology where the organization wants to continue to exist and survive. Good governance as the goals and objectives of the reform bureaucracy is a system that allows the state governance mechanisms function effective, efficient construction by maintaining synergy between government, private and public.
This research was conducted at Distric Jekan Raya Palangkaraya City with descriptive qualitative method. The purpose of this research is to investigate the process of implementation of public management at the District Office Jekan Raya as part of efforts to improve service quality and performance of government officials in the Distric Jekan Raya office. Informants in this research were employees of the government officials at the office Jekan Raya and the citizens who have an interest in the office of Distric Jekan Raya.
The results explained that the implementation of public management at the district office Jekan Raya already applied but the results or achievements are not optimal. This is caused many factors including: the lack of facilities and infrastructure, inadequate human resources quality and mentality of the government apparatus. The problem is illustrated through the implementation of public management research with government officials using public services quality indicators include: Transparency at the Distric Jekan Raya office is not optimal because there are still some things that can not be disclosed to the public. Accountability has pursued the best possible service, but still plagued with office facilities and the discipline are still low. The Conditional of personnels are go well and required to provide a good service despite the public knowledge is very low and sometimes outside office hours. Participatory already well underway it can be evidenced by the ”MUSRENBANG” activities. Equality goes well because no cases of discrimination in services during the research. Balance of rights and obligations in Distric Jekan Raya office goes well visible from the procedural services.
Public management is a new paradigm of public administration. Public management and task prioritizing the completion of performance accountability as a system for the purpose of efficiency and effectiveness for the government.

Keyword: public management, transformation, bureaucratic reform
ii
 

Komentar

  1. Makasih sob materi pemerintahannya, lengkap sekali
    kunjungi dan komen balik ya gan
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/2013/04/teori-pemerintahan.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM