Abstract
ABSTRAK
Yandra Prayoga, Program Sarjana, Jurusan Ilmu
Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas
Palangka Raya, Palangka Raya, 2013. Implementasi Manajemen Publik Aparatur
Pemerintah: Study Di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya Prov. Kalimantan
Tengah
Penelitian
dalam skripsi ini mengangkat tentang implementasi manajemen publik aparatur
pemerintah. Manajemen publik aparatur pemerintah merupakan sebuah paradigma
baru yang merupakan perkembangan dari ilmu administrasi negara yang mengalami
transformasi baik dari teori maupun fungsinya. Perkembangan administrasi publik
merupakan hal mendasar, karena harus sesuai dengan arah perkembangan lingkungan
global yang semakin kompetitif dalam seluruh aspek, termasuk dalam tata kelola
kepemerintahan. Peran administrasi publik harus sesuai dengan tuntutan zaman,
tuntutan masyarakat, tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi apabila organisasi
ingin terus eksis dan survive.
Kepemerintahan yang baik sebagai tujuan dan sasaran reformasi birokrasi adalah
sistem yang memungkinkan terjadinya mekanisme penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang efektif, efisien dengan menjaga sinergi konstruksi antara
pemerintah, swasta dan masyarakat.
Penelitian
ini dilakukan di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya dengan metode
kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
proses implementasi manajemen publik di Kantor Kecamatan Jekan Raya sebagai salah
satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan kinerja aparatur pemerintah
di lingkungan kantor Kecamatan Jekan Raya. Narasumber dalam penelitian adalah
pegawai yaitu aparatur pemerintah di kantor kecamatan dan warga Jekan Raya yang
pernah atau sedang berurusan di kantor Kecamatan Jekan Raya.
Hasil
penelitian menjelaskan bahwa implementasi manajemen publik di kantor Kecamatan
Jeka Raya sudah mulai diterapkan akan tetapi hasil atau capaiannya tidak
optimal. Hal tersebut disebabkan banyak faktor antara lain: sarana dan
prasaranan yang minim, kualitas SDM yang belum memadai dan mentalitas aparatur
pemerintah. Permasalahan tersebut tergambarkan melalui penelitian impelementasi
manajemen publik aparatur pemerintah dengan menggunakan indikator kualitas pelayanan
publik di antaranya: Transparansi di kantor Kecamatan Jekan Raya belum
terlaksana dengan baik karena masih ada beberapa hal yang tidak dapat
diberitahukan kepada publik. Akuntabilitas pelayanan sudah diupayakan sebaik
mungkin, namun masih terkendala dengan fasilitas kantor dan disiplin pegawai
yang masih rendah. Kondisional berjalan dengan baik dimana aparatur dituntut
untuk memberikan pelayanan yang baik meskipun pengetahuan masyarakat sangat
rendah dan terkadang diluar jam kerja kantor. Partisipatif sudah berjalan
dengan baik hal itu dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan musrenbang.
Kesamaan hak berjalan dengan baik karena tidak ditemukan kasus diskriminasi
pelayanan selama penelitian. Keseimbangan hak dan kewajiban di Kecamatan Jekan
Raya berjalan dengan baik terlihat dari proses pelayanan yang prosedural.
Manajemen
publik merupakan paradigma baru dari administrasi publik. Manajemen publik
mengutamakan penyelesaian capaian tugas dan pertanggungjawaban sebagai sistem
yang tujuannya untuk efisiensi dan efektifitas bagi pemerintah.
Kata kunci: manajemen publik,
transformasi, reformasi birokrasi
i
|
ABSTRACT
Yandra Prayoga, Bachelor Degree,
Department Of Public Administrtion, Social And Political Science Faculty,
University Of Palangka Raya, Palangka Raya 2013. Implementation
Of Government Public
Management Apparatus: Study In
District Jekan Raya Office Palangkaraya in Central Kalimantan
Province.
The research in
this thesis raised about the
implementation of public management
of the government apparatus. The public
management of the government apparatus is a new paradigm which is the development
of the science of public administration which transformed both the theory and function. The development of public administration is essential, because it must be in
accordance with the direction of
the development of an increasingly
competitive global environment in all
aspects, including in governance. The role of public administration must be in accordance with the demands
of the era, people's demands, the
demands of science and technology
where the organization wants to continue to exist and survive. Good
governance as the goals and
objectives of the reform bureaucracy
is a system that allows the state governance mechanisms
function effective, efficient construction by
maintaining synergy between
government, private and public.
This research
was conducted at Distric Jekan
Raya Palangkaraya City with descriptive
qualitative method. The purpose of this research
is to investigate the process of implementation of public management at the District Office Jekan Raya as part of
efforts to improve service
quality and performance of
government officials in the Distric
Jekan Raya office. Informants in this research were employees of the government
officials at the office Jekan Raya and the citizens
who have an
interest in the office
of Distric Jekan Raya.
The results explained that
the implementation of public
management at the district office Jekan Raya already
applied but the results or achievements are not optimal. This is caused many factors including: the lack of facilities
and infrastructure, inadequate human
resources quality and mentality of the government apparatus. The problem is
illustrated through the implementation
of public management research with government officials using public services quality
indicators include: Transparency at
the Distric Jekan Raya office is
not optimal because there are still some things that can not be disclosed to the public. Accountability has pursued the best
possible service, but still plagued with
office facilities and the discipline are still
low. The Conditional of
personnels are go well and required to provide a good service despite the
public knowledge is very low
and sometimes outside
office hours. Participatory already well underway it can be evidenced by the ”MUSRENBANG”
activities. Equality goes well
because no cases of discrimination in services during the research.
Balance of rights and obligations in
Distric Jekan Raya office goes
well visible from the procedural services.
Public
management is a new paradigm of
public administration. Public management
and task prioritizing
the completion of performance accountability as a
system for the purpose
of efficiency and effectiveness for the government.
Keyword: public management,
transformation, bureaucratic
reform
ii
|
Makasih sob materi pemerintahannya, lengkap sekali
BalasHapuskunjungi dan komen balik ya gan
http://ikubarunovryan.blogspot.com/2013/04/teori-pemerintahan.html